BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 12 Desember 2014

Wakil KSAD: TNI Tak Bisa Hanya Andalkan Peralatan Perang

VIVAnews - Pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) resmi dibuka, hari ini, Jumat, 12 Desember 2014. Pameran itu digelar di halaman Monumen Nasional Jakarta pada 12-15 Desember 2014.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Letnan Jenderal TNI Muhammad Munir, yang didapuk menjadi pembuka kegiatan, mengatakan bahwa pameran itu, selain sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI terhadap anggaran yang telah diberikan negara, juga sebagai wadah kedekatan prajurit TNI dengan rakyat.

"Bersama rakyat, TNI akan semakin kuat. TNI tidak bisa cuma bersandar dengan peralatan perangnya, tapi juga harus memerhatikan kekuatan pertahanan berbasis masyarakat," kata Munir.

Pameran alutsista itu merupakan kali ketiga diselenggarakan TNI. Ratusan alat tempur untuk keperluan infanteri, kavaleri, artileri darat dan udara hingga peralatan tempur penerbangan dipamerkan untuk umum.

Pantauan VIVAnews, semenjak pagi ratusan pengunjung telah meramaikan lokasi pameran. Tidak sedikit warga mengabadikan foto mereka dengan sejumlah alat perang seperti, heli serang tercanggih MI 35P, yang memiliki kemampuan ketinggian terbang hingga 4.500 meter, dan kendaran lapis baja, panser Anoa buatan Pindad Indonesia dan tank Leopard.

Menurut Munir, pameran yang dibuka gratis untuk umum itu tidak menyajikan seluruh peralatan TNI karena keterbatasan ruang di lokasi pameran. "Untuk tingkat ASEAN, Indonesia patut berbangga dengan kemampuan alutsista kita. Tapi ingat, pertahanan negara tidak semata alutsista. Ciri khas kita adalah kekuatan rakyatnya. Jadi jangan sampai dilupakan," kata Munir. (ren)

Tidak ada komentar: