BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 20 Mei 2015

Gawat! Beras Plastik Diproduksi Besar-besaran

 Jpnn
HEBOH beras plastik tidak hanya terjadi di Indonesia. Tiongkok juga mengalami persoalan dengan hadirnya pangan imitasi itu.
Dalam sebuah laporan di media Singapura, terungkap beras plastik tersebut berasal dari Taiyuan, salah satu kota di Provinsi Shaanxi.  
Di kota itu, beras sintesis tersebut diproduksi dan didistribusikan secara besar-besaran oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendulang keuntungan berlipat.
Mereka mengklaim beras imitasi itu sebagai kombinasi antara kentang, ubi jalar, dan plastik. Plastik digunakan untuk membentuk gabungan kentang dan ubi jalar agar terlihat seperti bulir beras.
Lalu, ditambahkan resin sintetis industri. Nah, resin itu dikenal sangat berbahaya jika dikonsumsi. Kanker hingga kematian bisa mengancam mereka yang mengonsumsi beras abal-abal tersebut.
Dalam jangka pendek, mereka yang mengonsumsi beras palsu itu akan merasa cepat kenyang.
”Makan tiga mangkuk nasi palsu itu akan membuat orang cepat kenyang. Padahal, mereka seperti makan satu kantong plastik,” ujar salah seorang pejabat di Tiongkok saat menanggapi keresahan soal beras imitasi.
Pejabat berwenang di negeri itu juga berjanji menyelidiki pabrik yang memproduksi beras tersebut. Dugaan sementara, beras palsu sengaja diproduksi untuk menekan biaya produksi dan menggandakan keuntungan. (dat/c11/kim)

Tidak ada komentar: