BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 08 Mei 2015

Nyamankah Naik Kopaja AC Tapi Ugal-ugalan?

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jakarta - Bus Kopaja yang dilengkapi fasilitas Air Conditioner (AC) tentu menjadi jawaban kebutuhan moda transportasi umum yang nyaman. Terlebih lagi ketika bus itu memiliki privilege untuk berjalan di lajur busway sehingga terhindar dari macet DKI Jakarta.

Tetapi peristiwa pada Senin (4/5) lalu sungguh membuat geleng-geleng kepala ketika bus Kopaja AC P20 bernopol B 7775 WA jurusan Lebak Bulus-Senen menabrak seorang perempuan yang naik sepeda motor Yamaha Mio B 4220 TBK. Akibatnya perempuan tersebut tewas seketika setelah dia dan motornya masuk ke kolong bus.

Seorang saksi mata kejadian menyatakan, motor akan putar balik tetapi malah ditabrak oleh bus yang kemungkinan berkecepatan tinggi di jalur busway. Sopir bus itu langsung kabur meninggalkan kendaraannya di lokasi kejadian, Jl Rasuna Said yang mengarah ke Mampang Perapatan, Jakarta Selatan.

Tentu kejadian seperti ini tak akan terjadi apabila bus berjalan sesuai dengan kecepatan yang ditentukan. detikcom yang menjajal Kopaja AC 602 jurusan Monas - Ragunan juga merasakan ugal-ugalannya sopir yang seenaknya memotong jalan dan memainkan gas serta rem.

Sementara itu DPP Organda DKI menyerahkan sepenuhnya pelanggaran yang dilakukan sopir kepada aparat. Menurut Ketua DPP Shafruhan, adalah tugas aparat untuk menegur.

"Kalau kita cuma kasih tahu atau briefing, kita kan nggak mengawasi di lapangan," kata dia dalam jumpa pers di kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (7/5/2015).

Bagi Anda yang memiliki pengalaman dengan Kopaja AC ugal-ugalan, silakan kirim cerita Anda ke redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan juga nama lengkap dan nomor telepon yang bisa kami dihubungi. Anda juga bisa memberikan solusi untuk mengatasi sikap ugal-ugalan para sopir bus itu.

Tidak ada komentar: