BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 25 Mei 2015

Kakorlantas Minta Dirlantas Polda Jabar Siapkan Skenario Lalu Lintas Tol Cikapali

Elza Astari Retaduari - detikNews
 Jakarta - PT Lintas Marga Sedaya menargetkan pengerjaan fisik Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) selesai akhir bulan ini. Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri Irjen Condro Kirono pun memerintahkan agar jajaran Dirlantas Polda Jawa Barat mengatur skenario lalu lintasnya.

Dalam peninjauannya, Condro mendapat pemaparan mengenai proyek Tol Cikapali di Pospol Cikopo Baru, Senin (25/5/2015). Selain mendapat penjelasan dari pihak PT LMS, Condro juga mendapat perkembangan proyek Tol Cikapali dari Wadirlantas Polda Jabar AKBP Prahoro mewakili Kapolda Jabar.

"Tol Cikapali sepanjang 116 kilometer dan terbagi jadi 5 wilayah. Nantinya akan ada 8 rest area, 4 tipe a dan 4 tipe b. Sebelum dibuka H-7 akan disiapkan," ungkap Prahoro saat memberikan penjelasan.

Dari Dirlantas Polda Jabar sendiri, kata Prahoro, nantinya akan disiapkan pos bagi 1 unit dengan jumlah personel kurang lebih sebanyak 44 orang. Selain itu juga Dirlantas Polda Jabar akan menyiapkan rambu-rambu dan mobil-mobil PJR yang berpatroli.

"Kami juga berterimakasih karena dari PT LMS disiapkan 6 mobil," kata Prahoro.

Dalam kesempatan tersebut, Kakorlantas pun meminta kerjasama semua pihak yang terkait dalam pengerjaan Tol Cikapali. Baik dari PT LMS sendiri, Perhubungan, maupun dari Kementerian Pekerjaan Umum.

"Kami minta kerjasama untuk membuat skenario. PJR bantu lampu-lampunya, rotator, juga siapkan sign running text untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan," tutur Condro di lokasi yang sama.

Meski sempat ada wacana ketika mudik Lebaran nanti jalur yang Tol Cikapali yang dibuka hanya yang menuju ke arah Jateng, Condro menyatakan tidak menyetujuinya. Pasalnya ia mempertimbangkan safety di area tol dan beberapa aspek lain. Sehingga 4 lajur yang ada tetap ia harapkan 2 lajur menuju Jateng, dan 2 lajur menuju Jakarta.

"Saya tidak merekomendasi kalau dibuka jadi satu arah, ada beberapa pertimbangan. Kasihan Jateng juga kalau dibuka ke sana semua. Kita harap dengan tol yang baru ini akan mempercepat," pintanya.

Condro bersama rombongan lalu menyempatkan diri meninjau Gerbang Pintu masuk Tol Cikapali yang tak jauh dari Pospol Cikopo baru. Gate sendiri meski secara fisik bangunan sudah hampir selesai, infrastrukturnya belum benar-benar lengkap.

"Tolong diatur nanti ya gimana rekayasa lalu lintasnya," tutur Condro kepada Wadirlantas Polda Jabar saat meninjau Pintu Masuk Tol Cikapali.

Tidak ada komentar: