BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 18 Mei 2015

Perbaiki Struktur Keuangan, BRI-Pertamina Luncurkan Program Cash Card

 Jpnn
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia kerja sama dengan PT Pertamina dalam bentuk automatisasi penggunaan dana operasional menggunakan cash card sebagai bagian dari implementasi salah satu pilar lima prioritas strategis Pertamina, yaitu Perbaikan Struktur Keuangan.
Peluncuran cash card yang akan digunakan pekerja/unit operasi Pertamina dilakukan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, di Surabaya, Jawa Timur, pada akhir pekan lalu.
Sekretaris Perusahaan BRI Budi Satria mengatakan, Cash card Pertamina adalah kas operasional unit kerja Pertamina yang dikelola unit – unit kerja yang ditunjuk Pertamina dan selanjutnya digunakan dalam kegiatan operasional Pertamina.
Untuk implementasi ini, rinci Budi, Pertamina bekerja sama dengan dua bank BUMN lain, Mandiri dan BNI untuk penggunaan kartu yang diyakini dapat menjadi perangkat untuk mengintegrasikan mekanisme pencatatan penggunaan dana unit kerja perusahaan tersebut.
"Bank BRI mendukung sepenuhnya kerjasama ini untuk mempermudah Pertamina dalam meningtkatkan efektifitas dan efisiensi dalam struktur keuangannya secara keseluruhan melalui Cash Management System BRI," tulis Budi dalam rilis yang diterima INDOPOS (Grup JPNN), pada akhir pekan lalu.
Dirut Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, pada lima prioritas strategis Pertamina terdapat pilar Perbaikan Struktur Keuangan yang salah satu programnya adalah Tata kelola Kas (Cash Management). Breakthrough Project (BTP) tersebut bertujuan untuk memperbaiki proses pengelolaan treasury di Pertamina, sehingga berpotensi meningkatkan kesehatan kas perusahaan.
"Salah satu bagian dari tatakelola kas ini adalah Pertamina melakukan upaya sentralisasi rekening operasional dan mengurangi dropping dana secara manual kepada unit kerja perusahaan untuk memenuhi kebutuhan operasional. Untuk itu diperlukan penyederhanaan proses dan integrasi perangkat pencatatan secara otomatis yang dalam konteks ini penggunaan cash card, kami pandang sebagai solusinya," imbuhnya.
Adapun pemilihan mitra bank-bank BUMN untuk penyediaan cash card, sambung dia, didasarkan pada pertimbangan sinergi antara BUMN yang sama-sama memiliki jaringan bisnis luas.
”Seperti diketahui, unit-unit operasi Pertamina tersebar di seluruh pelosok nusantara. Oleh karena itu, dalam penyediaan cash card ini tentu saja kami memerlukan mitra yang memiliki kekuatan jaringan infrastruktur yang memenuhi kebutuhan perusahaan.
Kami mengucapkan terimakasih atas keterlibatan Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BNI dalam program yang kami yakini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kas Pertamina ke depan,” pungkasnya. (ers/ray/jpnn)

Tidak ada komentar: