BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 31 Maret 2016

BBM Turun, Pak Jonan juga Beri Kabar Gembira

JAKARTA - Kementerian Perhubungan langsung mengambil sikap usai pemerintah merilis penurunan harga bahan bakar minyak (BBM). Ya, harga BBM jenis premium dan solar akan turun masing-masing Rp 500 per liter mulai 1 April nanti.
Nah, pemerintah lewat kemenhub juga menurunkan tarif transportasi umum sebesar tiga persen. "Kami akan mengirimkan surat kepada kepala daerah, sesuai kewenangannya untuk kurang lebih penurunannya tiga persen. Itu plus minusnya. Jadi tergantung mau pakai premium atau pakai solar,” kata Menteri Perhubungan Ignasius, seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Rabu (30/3).
Jonan menjelaskan, penurunan tarif transportasi umum ini meliputi penyeberangan kapal laut, kereta api, dan juga transportasi darat antarkota antarprovinsi, antarkota dalam provinsi, dan di dalam kota. "Nanti detailnya akan kami tuangkan dalam keputusan menteri,” katanya.
Namun Jonan menggarisbawahi bahwa penurunan tidak serta merta bisa dilakukan bersamaan dengan penurunan harga BBM. “Untuk transportasi pada umumnya  ya mulai berlaku sejak penurunan harga ini diturunkan. Hanya gini, biasanya tidak semua moda transportasi serta merta turun (tarifnya),” imbuh Jonan.
Kalau tiket transportasi sudah pakai sistem e-tiket, atau sudah terjual tiketnya, maka tidak bisa diturunkan dan harus disesuaikan waktunya. “Tapi prinsipnya pasti turun, kurang lebih 3 persen, ini plus minusnya 3 persen,” pungkas Jonan. (adk/jpnn)

Tidak ada komentar: