BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 21 Maret 2016

TNI AL Tangkap Dua Kapal Penyelundup Miras dan Sembako dari Singapura

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Tanjungpinang - Pangkalan Utama TNI AL IV di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menangkap dua kapal penyelundup dari Singapura. Kedua kapal diduga membawa isi yang tidak sesuai dengan manifes.

"Dugaan pelanggaran adalah muatan kapal tidak sesuai dengan manisfes. Tidak dilengkapi surat-surat antara lain surat kelaikan. Lautan, sertifikat bebas tindak sanitasi kapal, crew list tidak sesuai dengan buku sijil," kata Kepala Dinas Penerangan (Dispen) Lantamal IV, Mayor Laut (KH) Josdy Damopoli kepada wartawan di Tanjungpinang, Minggu (20/3/2016).

Josdy menyebutkan kedua kapal yang ditangkap itu KM Kawal Bahari-1 dan KM Karisma Indah. Kapal ini bertolak dari Singapura menuju Kepri. Hasil pemeriksaan, kedua kapal tersebut mengangkut minuman keras beralkohol jenis Tiger, Heineken dan merek ABC dengan jumlah 3.000 kis.

Selain itu, kapal tersebut bermuatan 500 karung gula putih yang setiap karung memiliki berat 50 kg. Selanjutnya beras 1.000 karung dengan satu karung beratnya 25 kg.

Ada lagi membawa kursi, kulkas, almari, kasus, karpet dan filing cabinet bekas. Ditambah lagi bawang putih dan merah dan berbagai buah-buahan.

"Nakhoda kapal dan 9 ABK seluruhnya warga negara Indonesia. Pemilik kapal inisial A, sudah kita amankan untuk dimintai keterangan lebih lanjut," kata Josdy. 

Tidak ada komentar: