BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 29 Maret 2016

Eksploitasi Anak Terungkap di DKI, NasDem Pertanyakan Program Menteri Yohana

M Iqbal - detikNews
Jakarta - Terungkapnya jaringan eksploitasi anak yang terjadi di Jakarta, membuat geram sejumlah pihak. Anggota Komisi VIII DPR Tri Murny mengatakan harus ada evaluasi program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang dipimpin Yohana Yembise.

"Saya rasa Kementerian PP dan PA beserta kementerian dan lembaga terkait harus melakukan evaluasi, apa penyebab tumpulnya program dan berbagai lembaga yang didanai oleh uang rakyat tersebut dalam melindungi anak-anak dari praktik eksploitasi," ucap Tri Murny, Senin (29/3/2016).

Anggota F-NasDem itu mengapresiasi aparat kepolisian yang bertindak cepat untuk membongkar praktek eksploitasi anak yang terjadi di Jaksel. Namun harus ada tanggung jawab kementerian atau lembaga negara yang semestinya memiliki program untuk mencegah berulangnya kejadian serupa.

"Program sudah dibuat, anggaran sudah dikucurkan, termasuk oleh lintas instansi seperti Kemensos. Sejumlah lembaga dan organisasi juga sudah dibentuk untuk memberi perlindungan anak. Tapi kasus eksploitasi terhadap anak masih juga terjadi di Jakarta. Tentu ini merupakan peringatan keras," kritiknya.

Politisi asal Banten ini menyayangkan terjadinya peristiwa eksploitasi anak yang baru minggu lalu terjadi di ibu kota. Hal itu menurutnya, menunjukkan tidak berjalannya program kerja Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta kementerian terkait lainnya.

Ke depan, Tri berharap semua pemangku kepentingan baik di tingkat pusat maupun daerah harus lebih memberi perhatian terhadap kejahatan yang melibatkan korban anak-anak.

"Harus ada pencegahan yang lebih sistematis dalam melindungi anak, karena dilakukan oleh sindikat dengan cara yang terorganisir," tegasnya.

Tidak ada komentar: