BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 22 Maret 2016

Polisi Beberkan 2 dari 14 Catatan Kriminal Jessica Wongso

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Badan Penanggulangan Terorisme Komisaris Jenderal Tito Karnavian menemukan 14 catatan kriminal Jessica Kumala Wongso saat berada di Australia. Catatan itu didapat dari hasil kerja sama Kepolisian Daerah Metro Jaya dengan Australia Federal Police (AFP).

"Dokumen kriminal Jessica selama di Australia kurang lebih ada 14 kasus‎," ujar Tito setelah dilantik sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) di Markas Besar Polri, Jakarta, Senin, 21 Maret 2016.

Namun Tito enggan menjelaskan 14 riwayat kejahatan Jessica di Australia. Itu karena Polda Metro Jaya sudah terikat perjanjian dengan AFP. "Nanti saya pikirkan tentang harus adanya kesepakatan antara Bapak Kapolda yang baru dan kepolisian Australia, agar nanti jelas mana saja yang boleh diekspos dan mana yang tidak boleh," ucap Tito.

‎Tito hanya membocorkan dua fakta baru yang didapat Polda dari AFP. ‎"Saya dapat informasi yang sangat bagus dari Australia, tapi sengaja belum diekspos. Salah satunya temuan catatan kriminalnya atas percobaan bunuh diri," tuturnya.

Menurut Tito, pihak penyidik kini sudah memberkaskan perkara Jessica. Rencananya, dalam waktu dekat, berkas itu akan dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta untuk dikoreksi.

Tito mengatakan fakta menarik lain soal Jessica adalah dia sedang jalani pemulihan psikologis di Sydney. Kabar itu didapat dari Australia Federal Police (AFP) bahwa Jessica saat di Sydney tengah menjalani pemulihan psikologis. "Ada temuan berupa catatan medis Jessica dalam treatment psikolog," ujarnya.

ARIEF HIDAYAT

Tidak ada komentar: