BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 29 Maret 2016

Puluhan Ribu Pasukan AL Bakal 'Kepung' Padang dan Mentawai


Oleh : Bayu Adi Wicaksono, Danar Dono
VIVA.co.id - Ajang latihan maritim Komodo Exercise 2016 akan diadakan mulai tanggal 12 hingga 16 April di dua lokasi di Sumatera Barat, yakni Padang dan Mentawai. Dalam acara tersebut, direncanakan akan dihadiri puluhan ribu personel Angkatan Laut
 
"Rencana 35 negara peserta, sampai hari ini sudah sekitar 23 negara yang mengkonfirmasi bahwa KASAL nya akan hadir," ujar Laksamana TNI, T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S, Senin 28 Maret 2016.
 
Acara tersebut rencananya akan dibuka Presiden RI, Joko Widodo, sekaligus membuka agenda pertama yaitu IFR (International Fleet Review) kapal-kapal peserta.
 
"Jadi pada saat IFR nanti, Presiden akan menginspeksi kapal perang peserta didampingi KASAL masing-masing negara peserta," kata Hutabarat.
 
Selain melibatkan pasukan Angkatan Laut negara peserta, Komodo Exercise juga akan melibatkan masyarakat di sekitar lokasi acara di Padang dan Mentawai.
 
"Kita ada program 'ayo melaut' di hari ke dua, nantinya beberapa pengunjung dari sipil akan kita ajak ke tengah laut dengan kapal kita. Lalu, selama di kapal akan kita beri wawasan tentang kemaritiman dan bela negara, kurang lebih seperti itulah," katanya.

Tidak ada komentar: