BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 27 Maret 2016

Mes Dibakar Massa, Perusahaan Sawit Rugi Ratusan Juta


 Oleh : Mohammad Arief HidayatAji YK Putra (Palembang)
VIVA.co.id - PT London Sumatra (Lonsum) Gunung Bais mengaku merugi hingga ratusan juta rupiah akibat dua mes untuk pegawainya di Desa Semangus, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, dibakar massa pada Jumat malam, 25 Maret 2016.
 
PT Lonsum adalah perusahaan perkebunan sawit yang berbasis di Kabupaten Musi Rawas. Dua mes untuk pegawainya jadi sasaran kemarahan massa akibat seorang warga ditembak hingga meninggal dunia oleh petugas keamanan perusahaan itu pada Jumat lalu.
 
Mes yang dibakar warga itu juga dihuni Estate Manager PT Lonsum Badai dan asisten manajernya. Namun dia kebetulan tidak berada di mes itu ketika peristiwa terjadi.
 
“Yang terbakar hanya furnitur (perabot rumah), sofa tamu sebanyak satu set. Massa juga membakar aset lain berupa komputer kantor,” kata Badai saat dikonfirmasi pada Minggu, 27 Maret 2016.
 
Dia menaksir kerugian mencapai Rp157 Juta. Tetapi perusahaan menyerahkan sepenuhnya kepada Polisi untuk mengusut peristiwa pembakaran itu.
 
Pengamanan di kompleks PT Lonsum diperketat dengan dijaga seratus personel Polisi dari Polres Musi Rawas dan dibantu personel Brimob dari Polda Sumatera Selatan.
 
Badai juga membenarkan bahwa hingga malam tadi belum ada pertemuan yang membahas penyelesaian pembakaran itu dengan perangkat Desa Semangus Lama. Aparat Pemerintah Kabupaten sudah meninjau lokasi dan mengimbau warga agar tidak bertindak vandalisme.
 
Sementara itu kepala desa dan camat setempat diperintahkan proaktif mendekati warga agar mereka tidak lagi melakukan tindakan kekerasan. (ms)

Tidak ada komentar: