BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 16 Mei 2011

Petani: Crop Circle Cikarang Dibuat Selama 3 Hari video

Rivki - detikNews


Bekasi - Masim, salah seorang petani penggarap sawah di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, juga memastikan crop circle yang muncul di lahannya adalah buatan manusia. Lingkaran misterius tersebut dibuat selama tiga hari sejak tanggal 29 April 2011.

Saat ditemui di lokasi, Masim menceritakan kronologi pembuatan simbol-simbol yang membuat heboh tersebut. Menurut dia, tujuh hari sebelum proses pembuatan, para petani dikumpulkan oleh ketua RT setempat.

"Seminggu sebelum tanggal 29 April 2011 kita dikumpulin sama Pak RT, Pak RT bilang mau minta izin sawahnya buat dipakai syuting. Kita kan cuman penggarap lahan, pemilik tanahnya mah milik Delta Mas," kata Masim kepada detikcom, Senin (16/5/2011).

Pada tanggal 29 April 2011, hari pembuatan crop circle pun tiba. Sekitar 50 orang kru datang ke lokasi lengkap dengan peralatan syuting masing-masing pukul 10.00 WIB.

Usai salat Jumat, pukul 13.00 WIB, para kru mulai 'mengacak-acak' sawah untuk membuat dua lingkaran dan satu bentuk hexagon. Ada 20 orang yang terlibat dalam pembuatan dan pemasangan bendera.

"Ada yang naik mobil banyak mas dari mobil, truk sampai yang mewah ada," imbuhnya.

Masim sempat melihat proses pembuatan crop circle tersebut selama 10 menit. Meski mendapat uang ganti rugi sebesar Rp 600 ribu, pria paruh baya ini tak tega melihat sawahnya diobrak-abrik.

"Nggak tega ngeliat padi kita diinjak-injak. Soalnya nanti nggak bisa tumbuh lagi," lanjutnya.

"Mereka bikinnya diinjek terus ada yang pakai papan kayu diputer. Mirip bajak sawah," tutur Masim.

Saat ditanya untuk apa orang-orang tersebut syuting, Masim mengaku untuk iklan. Produk yang dipromosikan adalah snack kentang.

"Snack potatoes gitulah, tapi saya lupa namanya," imbuhnya.

Penelusuran detikcom, memang ada sebuah snack bermerek tertentu yang bentuknya menyerupai hexagon. Pabrik yang memproduksinya pun terletak di kawasan Cikarang Barat, Bekasi. Namun, belum ada pihak yang bisa dimintai konfirmasi tentang kabar ini.

Tidak ada komentar: