BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 02 Mei 2011

Polri - TNI Gelar Apel Pengamanan KTT Asean ke-18

INILAH.COM, Jakarta - Polri dan TNI pagi ini akan melakukan Apel persiapan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean ke 18 yang akan digelar sejak tanggal 5 hingga 8 Mei 2011 di Jakarta.

Dalam keterangan pers yang diterima INILAH.COM, Sabtu (30/4/2011), Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Minulyo Suprato mengatakan Geladi Bersih Apel Kesiapan Pengamanan KTT Asean ke 18 akan digelar di Silang Monas, Minggu pagi (1/5/2011), pada pukul 08.00 WIB. Apel pengamanan KTT Asean ke 18 hari ini akan dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., dan dihadiri oleh Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo.

Apel Kesiapan Pengamanan KTT Asean ini juga akan dihadiri para Kepala Staf Angkatan dan Pejabat Polri serta diikuti oleh seluruh pasukan pengamanan yang terdiri dari Koopspam TNI, Satgaspam VVIP, Satgaspamwil, Satgaspamwilla, Satgaspamwilud, Satgaspamopsud, Satgassus Anti Teror, Satgas Intel (Bais TNI), Puspen TNI, Komlek TNI.

"Dilihat dari komposisi pasukan yang terlibat, TNI tidak ingin mengambil resiko dalam tugas pengamanan yang akan menentukan citra dan kehormatan bangsa dan negara Indonesia, apalagi Indonesia saat ini sedang dipercaya untuk memimpin Asean. Jadi meskipun dilaksanakan di daratan, dalam pelaksanaannya TNI juga mengamankan wilayah laut dan udara nasional Indonesia," ucap Kolonel Cpl. Minulyo Suprapto.

Kadispenum Puspen TNI melanjutkan pengamanan KTT Asean ke 18 Tahun 2011, merupakan tugas yang tidak ringan dan bersifat rutin bagi personel TNI dan Polri, dihadapkan dengan perkembangan keamanan dan kemungkinan ancaman yang terjadi di lingkungan nasional dan global yang cenderung berkembang secara cepat dan dinamis.

"Kondisi ini menuntut cara kerja yang cermat dan mendalam, kualitas berfikir dalam analisa PKT (Perkiraan Keadaan Taktis) dan PKM (Perkiraan Keadaan Medan) yang cerdas, cepat, tajam dan akurat, serta semangat, motivasi dan tanggung jawab, harus menjadi ciri utama dalam mengamankan pelaksanaan KTT Asean tahun 2011," katanya.

Sementara Kabag Penum Polri, Kombes Boy Rafli Amar mengatakan Polri akan menurunkan 4.500 personel untuk mengamankan penyelenggaraan KTT ASEAN ke-18. Personel tersebut merupakan personel gabungan dari Polda Metro Jaya dan Mabes Polri. "Anggota Polri akan melaksanakan pengamanan di lokasi penyelenggaraan acara di JCC dan akomodasi, tempat menginap para delegasi KTT ASEAN. Selain itu, kendaraan patroli digunakan untuk mengatur lalu lintas di sekitar tempat penyelenggaraan acara," ucap Boy Rafli Amar.

Tidak ada komentar: