BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 01 Mei 2011

Sinar Kudus Paling Cepat Dibebaskan dari Pembajak Somalia

Adi Nugroho - detikNews

 Jakarta - Kapal berbendera Indonesia, MV Sinar Kudus, yang dibajak perompak Somalia berhasil dibebaskan dalam waktu 46 enam hari. Inilah waktu tercepat pembebasan sandera di perairan Somalia yang rawan pembajakan itu.

"Pembajakan kapal telah menjadi industri besar, dan melibatkan kelompok teroganisir dari berbagai kelompok. Jangka waktu pembebasan ada yang lebih dari 500 hari, sedangkan waktu tersingkat 60 hari," ujar Wakil Dirut PT Samudera Indonesia, David Batubara, dalam keterangan pers di kantornya, Jl S Parman, Slipi, Jakarta, Minggu (1/5/2011).

Kapuspen TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul mengatakan pembebasan sandera dari kapal Sinar Kudus ini merupakan pembebasan paling cepat. Proses pembebasan kapal berbendera Indonesia ini hanya membutuhkan waktu 46 hari.

"Tidak ada negara mana pun yang berhasil membebaskan sandera kurang dari 60 hari. Sinar Kudus berhasil dibebaskan dalam 46 hari," ujar Iskandar di tempat yang sama.

Iskandar menceritakan, Presiden SBY telah memerintahkan Panglima TNI untuk melakukan operasi militer. Namun karena keadaan selalu berubah dan pemerintah serta perusahaan pemilik kapal, PT Samudra Indonesia memprioritaskan keselamatan Anak Buah Kapal, operasi militer ditangguhkan.

"Sandera tidak dijadikan satu dan selalu dipindah-pindah. Ini satu kendala kenapa operasi militer tidak dilakukan," katanya.

PT Samudera Indonesia dalam keterangan pers mengkonfirmasi bebasnya kapal MV Sinar Kudus. Pembebasan ini adalah hasil dari proses kerja sama dan bahu membahu antara pemerintah dan PT Samudera Indonesia.

"Pembebasan setelah 46 hari ini hasil komunikasi intensif antara pihak perusahaan dengan perompak," kata David Batubara.

Tidak ada komentar: