Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, semua warga negara Indonesia harus menghormati dan melaksanakan setiap keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) demi tegaknya hukum.

"Bahkan saya sendiri selaku Presiden Republik Indonesia, ingin terus memberikan contoh dan teladan untuk selalu menghormati dan melaksanakan setiap keputusan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Konstitusi," kata Yudhoyono saat menyampaikan pidato kunci dalam Simposium Internasional tentang Negara Demokrasi Konstitusional, di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Menurut SBY, Mahkamah Konstitusi adalah lembaga yang diatur langsung oleh UUD 1945. Oleh karena itu, pengormatan terhadap keputusan MK adalah penghormatan terhadap supremasi hukum.

Dia berharap, para hakim konstitusi dan seluruh keluarga besar MK bisa terus meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak, memperluas pertukaran informasi, dan saling berbagi pengalaman dengan negara lain dalam menegakkan konstitusi dan penerapan nilai-nilai demokrasi konstitusional yang makin substansial.

Presiden juga meminta para perwakilan negara sahabat yang mengikuti simposium untuk memberikan kontribusi positif dalam menentukan arah dan perkembangan demokrasi konstitusional, serta peradaban konstitusi di seluruh dunia.

"Melalui simposium ini pula, mari kita bangun dan perkuat demokrasi konstitusional di negara kita masing-masing. Mari kita hasilkan pemikiran-pemikiran dan strategi terbaik, dalam upaya kita bersama membangun tatanan dunia yang lebih demokratis, lebih adil, lebih damai dan lebih sejahtera," kata SBY.
(*)