BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 29 Juli 2011

Menteri Agama: Awal Ramadan Mungkin Serentak

Pemerintah baru melakukan rukyah pada 31 Juli 2011.

VIVAnews - Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan awal puasa bulan Ramadan 2011 diperkirakan bisa berlangsung serempak --tidak ada perbedaan antara Muhamadiyah dan pemerintah--, yakni pada 1 Agustus 2011. Namun, Menteri Agama menegaskan, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan Rukyah untuk menentukan awal 1 Ramadan.

“Menetapkan awal Ramadan ada dua cara, yaitu melalui hisab atau perhitungan, kedua dengan Rukyah atau melihat bulan. Cara pertama menghitung sudah dilakukan, antara lain oleh Muhammadiyah, dan mereka menetapkan awal Ramadan jatuh pada Senin 1 Agustus 2011,” kata Suryadharma Ali di Bekasi, Jumat 29 Juli 2011, saat meresmikan Masjid Al-Ihsan Jaka Permai Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Suryadharma, perhitungan dengan cara rukyah, akan dilakukan pada 31 Juli 2011. Pada sore hari dilakukan rukyah pada titik-titik yang ditentukan, untuk melihat, ada atau tidak adanya bulan. “Setelah seluruh tim melakukan proses rukyah, maka kira-kira pukul 20.00 WIB, akan dilakukan sidang Isbat,” katanya.

Dia menjelaskan, sidang Isbat tersebut untuk menetapkan apakah 1 Ramadan jatuh pada 1 Agustus atau 2 Agustus 2011. “Itu nanti akan kami tetapkan pada 31 Juli. Ada tanda-tanda yang kuat, awal Ramadan akan serempak. Mudah-mudahan pada 31 Juli langit cerah, sehingga tidak ada perbedaan pendapat di antara tim yang melakukan proses rukyah,” katanya.

Saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Masjid Al-Ihsan Jaka Permai Bekasi Barat, Menteri Agama juga mensosialisasikan kegiatan "Maghrib Mengaji" di seluruh Indonesia.
"Itu merupakan solusi jitu untuk mengatasi maraknya pandangan-pandangan sesat di tengah masyarakat. Apalagi, saat ini akses informasi sudah semakin luas baik melalui televisi yang menyiarkan sinetron atau film setan, handphone serta laptop," katanya. (art)

Tidak ada komentar: