BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 30 Juli 2011

JK: Kalau KPK Dibubarkan, DPR Juga Dibubarkan

VIVAnews- Mantan presiden Jusuf Kalla tidak setuju dengan pendapat Ketua DPR Marzuki Alie yang menginginkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibubarkan. Pasalnyfa jika menggunakan cara pandang membubarkan lembaga jika terdapat oknum bermasalah, maka banyak lembaga yang dibubarkan, termasuk DPR.

"Kalau ada oknum melanggar hukum lalu lembaga-nya dibubarkan ya banyak lembaga yang bubar, termasuk DPR. DPR juga ada anggota yang melanggar hukum," ujar JK saat dihubungi VIVAnews, Sabtu, 30 Juli 2011.

Menurutnya jika sekarang KPK menjadi sorotan, beberapa lembaga penegak hukum juga pernah disorot. JK mencontohkan oknum jaksa, hakim, polisi juga pernah ditangkap karena terbukti menerima suap.
"Lalu apakah kejaksaan, kepolisian juga dibubarkan?," tambahnya.

Jusuf Kalla mengatakan jika penegak hukum melanggar hukum, maka oknum itu yang harus dihukum. Bukan institusi penegak hukum yang dibubarkan.

Seperti diketahui, Marzuki Alie kemarin melontarkan pernyataan untuk membubarkan KPK karena kecewa terhadap kinerja pimpinan KPK yang bukan memberantas korupsi tapi justru terjebak dalam polemik korupsi. Marzuki juga mengusulkan tiga langkah tepat untuk memberantas korupsi. Pertama, jangan ada transaksi tunai di atas Rp100.000. Kedua, undang-undang pengujian terbalik, dan ketiga memutihkan lalu memaafkan koruptor.

Tidak ada komentar: