Jakarta (ANTARA News) - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno menerima bintang kehormatan "Legion of Merit" dari Pemerintah Amerika Serikat sebagai penghargaan atas kerja sama yang baik antara angkatan laut kedua negara.

Juru bicara TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Tri Prasodjo di Jakarta, Rabu, mengatakan, penyematan bintang kehormatan atas peran Indonesia dalam menjaga keamanan maritim di kawasan Asia Tenggara serta kemitraan yang terjalin di Pasifik itu dilaksanakan oleh Kepala Operasi Angkatan Laut Amerika Serikat/United States CNO (Chief of Naval Operation) Laksamana Gary Roughead di AS pekan lalu.

Menurutnya, Laksamana Gary Roughead menyatakan bahwa selama bertahun-tahun TNI AL telah memberi sumbangan penting dalam menjaga keamanan maritim di kawasan Asia Tenggara, khususnya Selat Malaka.

Angkatan Laut AS memandang kerja sama keamanan maritim yang diselenggarakan oleh Angkatan Laut negara-negara ASEAN, khususnya di Selat Malaka, merupakan contoh bagi kawasan lainnya dalam memberi keuntungan bagi dunia internasional, utamanya lalu lintas perdagangan internasional yang melintasi perairan di kawasan itu.

Pemerintah AS mencermati kepemimpinan organisasi TNI AL ikut menentukan dalam keberhasilan pengembangan kerja sama maritim ASEAN dan kemitraan Pasifik melalui berbagai kerja sama latihan diantaranya SEACAT, CARAT, dan RIMPAC, serta keberhasilan Indonesia melalui peran TNI AL dalam mengatasi pembajakan laut Somalia di perairan Timur Tengah yang terjadi baru-baru ini.

Presiden Amerika Serikat berdasarkan Undang-Undang Kongres tanggal 20 Juli 1942, melalui Kementerian Pertahanan memberikan penghargaan dengan menganugerahkan medali "Legion of Merit" (Bintang Jasa Tingkat Pemimpin) kepada Laksamana TNI Soeparno atas usaha-usaha yang dilakukan sebagai pemimpin TNI AL dalam mewujudkan kerja sama keamanan maritim di kawasan ASEAN dan meningkatkan kemitraan Pasifik.

Kunjungan Kasal Laksamana TNI Soeparno ke Pangkalan Armada Amerika Serikat di Pasifik dan US Navy Pentagon bertujuan memenuhi undangan US CNO dalam rangka meningkatkan kerja sama antara angkatan laut kedua negara yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Dalam kunjungannya ke pangkalan armada Amerika Serikat di Pasifik, Kasal Soeparno diterima langsung Komandan Armada Pasifik Laksamana Patrick M Walsh, sedangkan di US Navy Pentagon diterima oleh US CNO didampingi para pejabat US Navy lainnya.

Berbagai fasilitas Angkatan Laut AS yang dikunjungi diantaranya armada AS di Pasifik, armada kapal selam AS di Pasifik, "US Navy Pentagon", Pusat Informasi dan Intelijen Angkatan Laut AS, Pusat Intelijen Maritim Nasional AS, "Navy International Programs Office" dan Akademi Angkatan Laut AS.

Dalam kunjungan itu Kasal berkesempatan "on board" di kapal selam USS Pasadena (SSN 752) dan kapal destroyer USS Russel (DDG 59).

Pejabat Angkatan Laut kedua negara juga membahas stabilitas kawasan di Laut China Selatan, keamanan maritim di kawasan ASEAN, perkembangan sistem pengintaian maritim terintegrasi, peningkatan kerja sama latihan antara TNI AL-US Navy, kerja sama bantuan kemanusiaan dan tanggap bencana, serta peningkatan kerja sama pendidikan dan logistik antara angkatan laut kedua negara.(*)