BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 29 Mei 2013

BPKP Temukan Dana Siluman Rp100 M di 4 Dinas

NILAH.COM, Jakarta - Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Mardiasmo menyebutkan ada dana siluman saat pengadaan barang dan jasa pada empat dinas di dua provinsi senilai Rp100 miliar.

"Itu sebenarnya ada 4 dinas,duanya di Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY) dan Jakarta, keempat dinas itu adalah kesehatan, pendidikan, PU dan perhubungan. Pada 2012 yang kita sampling, pendidikan dan PU. Nanti kita coba kesehatan dan perhubungan," ujarnya di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rabu (29/5/2013).

Mardiasmo menuturkan temuan itu telah dibicarakan kepada Gubernur DKI Joko Widodo. Nilai temuanya mencapai Rp100 miliar, maka BPKP akan melakukan audit terhadap dinas terkait yang lagi didalami.

"Kita sudah ngomong ke Jokowi, kalau angka di atas Rp100 miliar, minta tolong BPKP melakukan pre dipy audit, dari mulai Face Studi, ABS, itu yang sudah kita yakinkan ke gubernur," katanya.

BPKP tidak sendiri dalam mengaudit, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun digandeng ke beberapa daerah untuk mencegah bentuk korupsi terutama pengadaan barang dan jasa.

Penelusuran temuan empat Dinas, lanjut Mardiasmo, progresnya terus berjalan. Sebab ini dalam rangka mencegah terjadinya korupsi di daerah. "Ini yang Rp100 miliar bukan korupsi, tapi potensial lost, tapi kalau uangnya banyak, ya potensi lost juga banyak," ucapnya. [hi

Tidak ada komentar: