BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 18 Juni 2013

AP II: Kerusakan Koper di Bagasi Tanggung Jawab Airline

Sukma Indah Permana - detikNews

Jakarta - Selalu ada cerita baru soal pembobolan koper penumpang pesawat terbang. General Affairs Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura II (AP II) Yudis Tiawan menjelaskan bahwa hal itu merupakan kewenangan dan tanggung jawab pihak perusahaan penerbangan (airline).

"Hal itu menjadi kewenangan dan tanggung jawab ada di pihak airline, tetapi kami selalu mengkomunikasikan ini," ujar Yudis saat berbincang dengan detikcom, Selasa (18/6/2013).

Meski begitu, Yudis mengatakan bahwa pihak bandara tetap berkoordinasi dengan ailine. "Karena airline dan bandara adalah kesatuan. Kami juga ingin menjamin kenyamanan penumpang," lanjutnya.

Yudis menyarankan penumpang yang kehilangan barang atau koper di bagasinya rusak untuk segera melaporkannya kepada pihak lost and found yang terdapat di terminal kedatangan. Petugas bagian lost and found itu dari pihak airline.

"Begitu ada barang diambil segera klaim ke airline, ada ketentuan kok," kata Yudis.

Yudis menuturkan, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan airline tentang hal ini. "Dan yang terpenting adalah edukasi penumpang agar tidak membawa barang-barang berharga di bagasi," imbuhnya.

Dia menduga, kemungkinan aksi nakal ini bisa dilakukan oleh oknum baik di bandara keberangkatan atau di bandara kedatangan.

"Misalnya di bandara internasional, itu kan bisa dimungkinkan bisa terjadi di bandara di sana. Yang penting hati-hati tidak menaruh barang berharga di bagasi. Masuk back pack saja misalnya," ungkapnya.

Tidak ada komentar: