Jakarta (ANTARA News) - Ketua Badan Kehormatan (Banggar) DPR RI, Trimedya Panjaitan mengatakan, pihaknya akan mengundang ketua-ketua fraksi yang ada di DPR RI.

"Senin (10/6), BK DPR RI akan undang ketua-ketua fraksi guna membahas masalah absensi," kata Trimedya di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Dikatakannya, pasca diumumkannya. Daftar Caleg Tetap (DCT) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), tentu DPR RI akan semakin sepi karena anggota DPR RI yang menjadi caleg akan turun ke daerah pemilihan.

"Akibatnya, akan banyak yang absen karena fokus mengurus daerah pemilihan. Banyaknya absen itu yang harus diantisipasi oleh BK DPR RI yang bekerjasama dengan masing-masing fraksi. Intinya, BK DPR RI meminta komitmen dan kebersamaan fraksi-fraksi untuk menjaga agar lembaga ini tetap terjaga agar baik, apalagi menjelang Pemilu 2014," imbuh dia.

Salah satu cara yang cukup efektif mengatasi banyaknya absen dari anggota DPR RI adalah membuat jadwal atau program pergantian.

"Disarankan kepada fraksi untuk membuat jadwal bagi anggota DPR yang izin ke dapil. Sehingga tidak terlalu kosong," kata Trimedya.