BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 17 Juni 2013

Ini Peta Kekuatan di DPR Jika Paripurna Soal BBM Berakhir Voting

Ahmad Toriq - detikNews

Jakarta - Paripurna pengesahan rancangan APBN-P 2013 berlangsung panas dan diprediksi akan berakhir dengan voting. Bagaimana peta kekuatan fraksi-fraksi jika akhirnya jalan pengambilan suara terbanyak yang ditempuh?

Sebelum dibawa ke paripurna, rancangan APBN-P 2013 telah dibahas di Badan Anggaran (Banggar) DPR. Di Banggar, fraksi-fraksi telah menyampaikan pandangannya.

Berdasarkan paparan Ketua Banggar Achmadi Noor Supit dalam rapat paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (17/6/2013), ada enam fraksi yang mendukung postur APBN-P 2013 yang disesuaikan dengan rencana kenaikan harga BBM.

Fraksi Partai Demokrat, Golkar, PPP, PAN, dan PKB dengan tegas mendukung rancangan APBN-P 2013. Gerindra juga menunjukkan dukungan, namun dengan catatan.

Sedangkan tiga fraksi lain, yaitu PDIP, PKS dan Hanura menolak kenaikan harga BBM. Bahkan PDIP dan PKS menyiapkan postur APBN-P 2013 tandingan dengan asumsi tak ada kenaikan harga BBM.

Dengan peta demikian, jika terjadi voting, maka bisa dipastikan fraksi yang menolak APBN-P akan kalah. Dalam voting, gabungan enam fraksi akan menghasilkan 392 suara. Sedangkan gabungan tiga fraksi hanya 168 suara.

Tidak ada komentar: