BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 19 Juni 2013

KY Kirim Tim Pemantau Sidang Kasus Cebongan

INILAH.COM, Jakarta - Komisi Yudisial juga mengirimkan tim pemantau persidangan kasus pembunuhan empat tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Yogyakarta yang akan digelar Kamis (20/6/2013) di Mahkamah Militer II-11 Yogyakarta.

"Kita akan mengirim pemantau yang dalam pelaksanaannya nanti akan kerja sama dengan jejaring kita di sana," ujar Juru Bicara KY Asep Rahmat Fajar, Rabu, (19/6/2013).

Selain tim pemantau, Wakil Komisi Yudisial Imam Anshori Saleh juga akan menghadiri dan mengawasi persidangan terhadap 12 oknum Kopassus itu. KY berharap majelis hakim melaksanakan tugasnya secara profesional dan independen. "Komisioner KY yang akan memantau persidangan Cebongan besok adalah Pak Imam," ungkap dia.

Sebelumnya, Mahkamah Agung juga mengirimkan tiga hakim agung untuk memantau persidangan kasus penyerangan Lapas Cebongan, Yogyakarta. Mereka adalah Ketua Kamar Peradilan Militer MA, Imron Anwari, Hakim Agung Gayus Lumbuun, dan Hakim Agung Andi Abu Ayyub.

Sebelumnya, Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjend TNI Adi Widjaja, mengatakan 12 tersangka anggota Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Kartosuro akan dititipkan di Denpom IV/2 Yogyakarta hingga proses persidangan selesai. [mvi]

Tidak ada komentar: