BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 24 Maret 2014

Masuk Jajaran 50 Pemimpin Hebat di Dunia, Ini Tanggapan Jokowi

Ayunda Safitri - detikNews

Jakarta - Nama Joko Widodo (Jokowi) kembali membetot perhatian dunia. Pada 20 Maret pekan lalu, nama pria yang kini menjabat Gubernur DKI Jakarta itu nangkring di nomor 37 dari 50 pemimpin terhebat di dunia yang dirilis Majalah Fortune. 

Jokowi dianggap berhasil selama menjadai Wali Kota Surakarta. Dia yang hanya pengusaha mebel sukses mengubah wajah Kota Bengawan menjadi lebih bersih dan bersahabat. Jokowi juga dinilai menerapkan prinsip antikorupsi selama memimpin Solo. 

Bahkan menurut Majalah Fortune seperti dikutip dari money.CNN.com, Jokowi menjadi salah satu calon presiden favorit. "Dia (Jokowi) paling favorit," tulis Fortune.

Dalam daftar yang dirilis Fortune, nama Jokowi disejajarkan dengan tokoh besar dunia lainnya. Seperti pemimpin gereja Katholik, Paus Francis, dan Kanselir Jerman, Angela Merkel.


Tak hanya itu, Jokowi juga disejajarkan dengan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan tokoh reformasi Myanmar Aung San Suu Kyi.

Pada 2012 lalu, Jokowi masuk dalam daftar 25 wali kota terbaik di dunia berdasarkan publikasi The City Mayors Foundation, London, Inggris. 

Lalu, apa tanggapan Jokowi?

 Ditemui di Balai Kota Jakarta siang ini Senin (24/3) Jokowi mengaku belum membaca berita yang menobatkan dia sebagai salah satu tokoh hebat di dunia. “Saya belum baca. Hebat apaan, biasa saja,” kata Jokowi. 

Menurut dia sebuah penghargaan biasa menjadi ujian dan juga bisa menjadi pemacu semangat dalam bekerja. “Dan itu berat,” kata Jokowi.

Tidak ada komentar: