BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 25 November 2014

Menlu: Kebijakan Tenggelamkan Kapal Ilegal Tak Ganggu Diplomatik

VIVAnews - Presiden Joko Widodo tetap ngotot menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia. Itu adalah upaya tegas agar membuat gentar para pencuri itu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan, kebijakan penenggelaman kapal itu tak akan mengganggu hubungan diplomatik dengan negara lain, meskipun kapal-kapal yang ditenggelamkan milik asing.

Dia menilai negara tetangga tak akan marah jika penenggelaman kapal yang dilakukan pemerintah Indonesia itu bertujuan untuk penegakan hukum.

"Sekarang intinya, presiden menegaskan masalah law enforcement. Intinya itu saja yang penting kita tegaskan law enforcement. Kalau yang kita lakukan law enforcement maka yang kita lakukan adalah yang benar," kata Retno di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 24 November 2014.

Hal yang sama juga dikatakan  Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Menurutnya, negara tetangga akan memahami langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. "Saya kira mereka akan memahami," kata Moeldoko.

Ia menambahkan, TNI tak akan ragu-ragu melaksanakan instruksi Jokowi untuk langsung menenggelamkan kapal yang tertangkap. "Kita lakukan. Dulu pernah kita lakukan, karena mungkin tidak terekspos," kata dia.

Tidak ada komentar: