BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 20 November 2014

Menteri Susi Imbau Kepala Daerah Buat Kebijakan Lindungi Kelestarian Laut

Rois Jajeli - detikNews

Jakarta - Menteri Kelauatan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengimbau kepada seluruh gubernur dan kepala daerah bupati/wali kota, untuk membuat kebijakan yang melindungi pelestarian kelautan.

Hal itu disampaikan di acara Konferensi Nasional ke 9 Pengelolaan sumber daya pesisir, laut dan pulau-pulau kecil dengan tema 'Menuju tata kelola laut dan pesisir yang baik untuk kesejahteraan masyarakat', di Hotel JW Marriott Surabaya, Rabu (19/11/2014) malam.

"Saya imbau ke seluruh gubernur dan bupati walikota, untuk membuat policy, peraturan kita untuk bisa menjaga, sehingga pengolahan laut ini yang akan kita kembangkan tidak melewati batas pelestarian. Tanpa pelestarian tidak akan membawa kemakmuran berkelanjutan," ujar Menteri Susi.

Jabatan pemimpin atau kepala daerah bisa berpindah tangan. Susi pun berharap, meski pejabatnya sudah berganti, aturan yang dibuatnya tetap melindungi kelestarian. Peraturan daerah yang melindungi tata kelola laut.

"Saya imbau mangrove mohon dilindungi dengan peraturan. Kalau bakau ditebang habis, bisa menimbulkan penyakit," ujarnya.

"Buat Perda untuk penertiban alat penangkapan yang tidak ramah lingkungan. Tidak boleh menggunakan seperti dinamit, potas yang bisa menghabiskan dan merusak lingkungan. Dan itu sudah disepakati di dunia," jelasnya.

Susi juga berharap, kepiting bertelur, lobster bertelur juga dilindungi Perda. "Jangan sampai diambil negara lain dan kita tidak punya kepiting lagi. Dan menjadi bangsa yang tidak dihormati," tandasnya

Tidak ada komentar: