BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 11 Februari 2015

Ini yang Dibutuhkan Balita Pengungsi Banjir Jakarta

Oleh : Bayu Adi Wicaksono
VIVA.co.id - Ribuan warga Jakarta terpaksa harus hidup di posko-posko pengungsian setelah permukiman mereka terendam banjir. Dari ribuan pengungsi, sebagian besar di antaranya adalah anak-anak dan bayi (balita).

Selama berada di pengungsian, pengungsi-pengungsi mungil ini memiliki tingkat kerentanan terhadap penyakit yang cukup tinggi. Karena itulah, pengungsi mungil selalu menjadi yang diutamakan kecukupan kebutuhan makanan dan susunya.

"Yang kita utamakan adalah anak-anak dan bayi, mereka tak hanya butuh makanan pokok, tapi juga makanan penyela selain makanan pokok," kata Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, saat berkunjung ke posko pengungsian di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa 11 Februari 2015.

Selain makanan, pengungsi anak dan bayi membutuhkan suplai susu yang harus selalu terpenuhi setiap waktu. Sebab, susu membantu pengungsi anak dan bayi untuk bisa mempertahankan kondisi tubuh mereka agar tetap fit.

Namun, yang tak kalah penting adalah kesiapan tenaga medis beserta obat-obat khusus anak dan bayi.

"Anak dan bayi sangat rentan terserang penyakit selama berada di pengungsian. Kita sudah turunkan tim kesehatan di posko pengungsian," ujar Kasal.

Yang tak kalah penting adalah kebersihan dan juga sanitasi di posko pengungsian yang harus selalu terjaga dengan baik. Karena anak dan bayi lebih cepat terserang penyakit jika kondisi pengungsian tidak layak dan tidak bersih. (one)

Tidak ada komentar: