BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 22 Februari 2015

Kembalikan Bantuan Australia untuk Tsunami Aceh, Warga Kumpulkan Koin di HI

Rina Atriana - detikNews
 Jakarta - Pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang mengungkit-ngungkit bantuan Australia untuk korban tsunami Aceh rupanya cukup membuat sakit hati rakyat Indonesia. Pagi ini, warga mengumpulkan koin di Bundaran HI untuk mengganti bantuan Australia tersebut.

Berdasarkan pantauan di lokasi Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (22/2/2015), warga satu persatu melemparkan koin yang mereka punya. Digeletakan spanduk sepanjang kira-kira 8 meter di depan Plaza Indonesia bagi warga yang ingin ikut menyumbang.

Aksi ini digagas oleh Koalisi Pro Indonesia. Mereka yakin sedikit demi sedikit bangsa Indonesia akan mampu mengembalikan bantuan yang telah diberikan Australia.

"Ini bukti kalau kami bisa membayar semua yang telah diberikan Australia untuk tsunami Aceh," kata perwakilan koalisi, Sanusi, Minggu (22/2) sekitar pukul 08.00 WIB.

"Jika sudah terkumpul akan kita kembalikan lewat kantor Kedubes-nya di Jakarta. Kami percaya koin ini akan terkumpul sejumlah bantuan yang telah diberikan," lanjutnya.

Sanusi mengaku belum tahu pasti berapa jumlah bantuan yang telah diberikan Australis untuk tsunami Aceh. Ia memperkirakan sekitar Rp 12 miliar.

Hari ini merupakan hari ketiga pengumpulan koin. "Belum dihitung sejauh ini terkumpul berapa," ujar Sanusi.

Pernyataan Abbott tersebut menyusul akan dieksekusinya dua terpidana narkoba yang merupakan warga negara Australia.

Tidak ada komentar: