BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 19 Februari 2015

Komjen Badrodin Bertekad Hilangkan Sikap Saling Curiga KPK-Polri

Idham Khalid - detikNews
 Jakarta - ‎Kisruh Polri dan KPK‎ tidak terjadi saat ini saja, sudah beberapa kali tensi dua lembaga ini meninggi. Calon tunggal Kapolri Komjen Badrodin Haiti bertekad memperbaiki pola komunikasi antara dua lembaga antirasuah itu. Bagaimana caranya?

"Begini, komunikasi selama ini, hubungan KPK Polri khususnya di level pimpinan, itu hubungannya secara personal baik, tapi selalu yang dibangun setelah ada kasus, itu selalu komunikasi. Kenapa nggak bangun di awal, ikut kecegahan, ada sesuatu kasih tahu ini bahaya, Kan harusnya seperti itu," kata Badrodin saat berbincang dengan sejumlah wartawan di rumah dinasnya di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (19/2/2015).

Menurut Badrodin, pola komunikasi selama ini membuat hubungan terlihat baik di permukaan namun ada kecurigaan di dalam. Dia melanjutkan, pola komunikasi seperti itu harus diubah.

"Pola-pola itu harus diubah, apalagi hubungan pada level pelaksana, artinya level penyidik, seolah ditanamkan bahwa penyidik di KPK ini yang menyidik dari Polri seolah-olah sasarannya selalu Polri, kan itu nggak boleh. Itu yang harus dibangun. Kalau ada penyimpangan, kasih tahu. Jangan seolah-olah terus dibiarkan jadi akhirnya hubungan ini (terlihat) baik di permukaan tapi di dalam ada kecurigaan," ujarnya memaparkan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo akhirnya batal melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri dan mengusulkan Komjen Badrodin Haiti sebagai pengganti. Pada jumpa pers yang digelar di istana kemarin siang itu, Jokowi juga menunjuk Plt KPK.

Tidak ada komentar: