BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 23 Februari 2015

Moeldoko Ingatkan Resimen Mahasiswa Harus Siap Bela Negara

 Jpnn
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menegaskan bahwa Resimen Mahasiswa (Menwa) harus siap membela negara, sewaktu-waktu dibutuhkan. Moeldoko mengatakan hal tersebut saat membuka Seminar dan Dialog Pemantapan Wawasan Kebangsaan VII, yang diselenggarakan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) di Gedung Srijaya Surabaya, Sabtu (21/2) sore.
Moeldoko yang juga tampil sebagai keynote speaker pada seminar tersebut menegaskan bahwa Menwa adalah komponen cadangan. 
Ia mengatakan itu karena Menwa pernah dilatih sedemikian rupa dan dipersiapkan dengan baik oleh prajurit-prajurit TNI. Karena itu ia berpendapat Menwa memiliki disiplin yang baik, tanggung jawab yang baik dan loyalitas kepada negara.

"Jika suatu saat negara menghadapi ancaman invasi negara luar, maka Menwa sebagai komponen cadangan harus siap membela bangsa dan negara," ujar Panglima.
Moeldoko mengingatkan, tinggal satu persoalan masih menggantung yaitu Undang-Undang Komponen Cadangan yang belum diresmikan. Bila Undang-Undang Komponen Cadangan telah diresmikan maka Menwa adalah komponen cadangan yang tugasnya memperkuat komponen utama (TNI). 
Lebih lanjut Panglima mengatakan bahwa komponen pendukung adalah seluruh sumber daya nasional yang terinventarisasi. Jadi, semua warga negara akan berkontribusi dalam sistem pertahanan negara. (rmo/jpnn)

Tidak ada komentar: