Bogor (ANTARA News) - Diperkirakan sebanyak 1.500 orang buruh se Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan bergabung dengan para buruh untuk menggelar aksi memperingati hari Buruh sedunia di Istana Negera Jakarta, Minggu (1/5).

"Sebanyak 1.500 buruh dari 14 serikat pekerja di Kabupaten Bogor akan ikut pada perayaan May day besok di Istana Bogor," kata Ketua Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI 98) Kabupaten Bogor, Nazarudin, di Bogor, Sabtu.

Ia mengatakan, para buruh akan berangkat Minggu pagi dengan menggunakan angkutan umum bus yang telah disiapkan dari Bogor menuju Jakarta. Para buruh akan bersatu dengan buruh-buruh lainnya untuk melakukan aksi demonstrasi besar-besaran memperingatai May day.

Nazarudin menyebutkan, nantinya berbagai serikat buruh yang hadir pada peringatan May day akan membentuk aliasi guna menyerukan tuntutan para buruh kepada Presiden dan DPR RI.

"Tuntutan buruh tahun ini fokus kepada pelaksanaan Undang-undang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan pengesahan RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial serta penghapusan sistem kerja outsourcing," katanya.

Nazarudin menambahkan, selain turut merayakan May day dengan buruh lain se-Jabotabek, rencananya 14 serikat pekerja yang ada di Kabupaten Bogor akan menggelar aksi damai di gedung KNPI setelah kegiatan di Jakarta.

Sementara itu, di Kota Bogor peringatan Hari Buruh Sedunia digelar secara positif dengan menggela upacara dan penyampaian pernyataan sikap yang akan dipimpin langsung oleh Wali Kota Bogor.

Serangkaian kegiatan positif lainnya yakni gerak jalan santai yang akan diikuti seluruh buruh di Kota Bogor dengan mengambil star di Balai Kota.

Kapolres Kota Bogor, AKBP Hilman memastikan para buruh Kota Bogor tidak akan ikut turun ke Jakarta pada peringatan May Day.

Ia mengatakan, pihaknya telah menggandeng buruh untuk menggelar kegiatan positif yakni menggelar bakti sosial pada peringatan May day.

"Peringatan hari buruh di Kota Bogor lebih positif. Akan digelar serangkaian kegiatan seperti bakti sosial, gerak jalan santai dan upacara penyampaian pernyataan sikap yang akan disampaikan langsung ke Wali Kota," katanya.