BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 01 Mei 2011

Ban Dibakar di Depan Istana, Aksi Hari Buruh Sempat Memanas

  Febrina Ayu Scottiati - detikNews


Jakarta - Peringatan Hari Buruh di depan Istana Negara yang berlangsung aman dan damai sempat memanas. Entah siapa yang menyulut api, 5 ban tiba-tiba berkobar dan memaksa aparat menerjunkan pasukan anti huru hara.

Pantauan detikcom, Minggu (1/5/2011), ban yang ditumpuk-tumpuk jadi satu itu mulai terbakar sekitar pukul 12.15 WIB.

Dua orang polisi dengan berbekal alat pemadam portabel berusaha memadamkan api dari ban yang memunculkan asap hitam pekat itu. Butuh waktu 15 menit bagi keduanya untuk benar-benar menjinakkan pai tersebut.

Karena kejadian ini sekitar 50 orang anggota pasukan hura-hara langsung diterjunkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Mengenakan pakaian hitam, topi hitam, serta membawa tongkat, mereka keluar dari belakang istana dan langsung membentuk barikade di belakang kawat berdiri.

"Kami tidak memiliki rencana untuk membakar ban di depan istana. Siapapun yang membakar ban itu bukan massa dari kami," ujar koordinator aksi lapangan dari atas mobil bak terbuka.

Pada pukul 12.45 WIB, suasana sudah relatif kondusif. 5.000 Pendemo dari berbagai kelompok buruh yang memenuhi Jl Medan Merdeka Utara sampai Gambir sudah kembali sibuk mendengarkan orasi-orasi dari pimpinan aksi masing-masin.

Tidak ada komentar: