BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 01 Mei 2011

Dikawal Kapal Perang TNI, MV Sinar Kudus Lanjutkan Pelayaran

Laurencius Simanjuntak - detikNews

Jakarta - Kapal MV Sinar Kudus telah dibebaskan perompak Somalia. Kini kapal tersebut berlayar ke pelabuhan Wa Salala, Oman, dengan pengawalan kapal perang TNI AL sebelum menuju Rotterdam, Belanda.

"KRI akan kawal sampai tempat aman, sesuai perintah Panglima TNI dan permintaan PT Samudera Indonesia," ujar Kapuspen TNI Laksamana Muda, Iskandar Sitompul, dalam jumpa pers di Kantor PT Samudera Indonesia, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (1/5/2011).

Wakil Presdir PT Samudera Indonesia, David Batubara, menambahkan di pelabuhan Wa Salala kapal akan diperbaiki dan diperiksa. Termasuk memeriksa apakah ada muatan kapal yang dicuri.

Seperti diketahui, kapal ini mengangkut muatan bijih nikel (feronikel) senilai lebih dari Rp 1,5 triliun rupiah. Muatan tersebut diangkut dari pelabuhan Pomalaa, Sulawesi Tenggara, menuju pelabuhan Rotterdam, Belanda.

"Kapal ke pelabuhan terdekat untuk perbaikan. Sekaligus pemeriksaan apakah ada hal-hal yang dicuri atau dirompak," ujar David.

David menjelaskan kapal tetap akan berangkat ke Rotterdam untuk mengantar pesanan bijih nikel. Namun anak buah kapal akan diganti dengan yang baru.

"Kru baru akan membawa kapal ke Rotterdam. Kru yang sebelumnya secepatnya dipulangkan ke untuk bertemu keluarga," terang David.
 

Tidak ada komentar: