BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 18 Mei 2011

Menhan Malaysia: RI-Malaysia Tak Akan Perang

Prancis dan Inggris memiliki bahasa berbeda namun mereka bekerja sama dalam pertahanan.

VIVAnews - Hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia beberapa kali sempat memanas. Memanasnya kedua negara dipicu banyak hal mulai dari persoalan perbatasan sampai saling klaim budaya.

Kisruh itu sempat membuat sebagian warga Indonesia pun berang dengan sikap Malaysia. Bahkan, ada sebagian kalangan yang mendesak agar Indonesia menggunakan cara militer untuk menyelesaikan persoalan kedua negara.

Lalu bagaimana tanggapan Menteri Pertahanan Malaysia, Ahmad Zamid bin Hamidi?.
"Jauhkan pikiran dari perang-perangan. Malaysia dan Indonesia tidak akan berperang,” kata Ahmad dalam seminar Revitilisasi Industri Pertahanan untuk Kemandirian Alutsista dan Perluasan Pembangunan Ekonomi di Auditorium Wisma Antara, Rabu, 18 Mei 2011.

Ahmad mengungkapkan, Prancis dan Inggris saja memiliki bahasa berbeda namun mereka bekerja sama dalam pertahanan untuk membentuk industri pertahanan yang canggih. “Apalagi Indonesia dan Malaysia yang bicara dalam satu bahasa, seharusnya juga bisa meniru langkah Prancis dan Inggris.”

Menurut Ahmad, kerja sama negara ASEAN di bidang pertahanan akan meningkatkan perdagangan antar negara ASEAN dan juga memaksimalkan kesempatan bisnis dan menciptakan sinergi antara negara-negara ASEAN.

“Beberapa negara ASEAN memiliki pertahanan yang tangguh di masa lalu. Ambil contoh Singapura yang telah mengekspor roket ke Brunei [Darussalam], Malaysia yang mengekspor truk ke Brunei, dan Indonesia yang mengekspor pesawat CN-235 ke Malaysia dan senapan ke Filipina,” tutup Ahma

Tidak ada komentar: