BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 17 Mei 2011

Partai Nasional Republik Jual Mimpi Orba, : Tommy Soeharto Belum Tentu Laku

INILAH.COM, Jakarta - Hasil survei Indo Barometer yang menilai Orde Baru (Orba) lebih baik daripada era Reformasi tidak membuat Partai Nasional Republik (Nasrep) melambung di mata masyarakat.

Meski Partai Nasrep dibentuk oleh putra mendiang mantan Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau Tomy Soeharto, namun publik tidak serta-merta tersihir survei dan parpol tersebut.

Peneliti Charta Politika, Yunarto Wijaya, mengaku kalau hasil penelitian tersebut tidak bisa dijadikan pijakan bahwa Nasrep juga dirindukan oleh masyarakat. "Terlalu jauh. Ini lompatan pemahaman yang salah besar," kata Yunarto kepada INILAH.COM, Selasa (17/5/2011).

Menurutnya, hasil survei ini bukan berarti bahwa keluarga Cendana akan menjadi idola kembali. Tapi, hal ini karena sikap psikologis masyarakat yang menilai bahwa kondisi bangsa sekarang ini masih ada yang belum tercapai.

Sehingga, salah besar jika ada pihak atau orang-orang yang ingin mengusung lagi keluarga Soeharto dalam kancah politik. Apalagi meyakini akan mendapat simpati masyarakat yang tinggi.

Sebelumnya diberitakan, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Indo Barometer, ditemukan mayoritas publik menyatakan bahwa kondisi saat Orde Baru di bawah pemerintahan Soeharto lebih baik dibandingkan dengan era Reformasi.

Padahal responden itu antara lain berusia 17 tahun yang tidak mengalami hidup di era Orde Baru ketika Soeharto berjaya atau memulai kekuasaannya. [mah]

Tidak ada komentar: