BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 24 Mei 2011

Politisi PKB Anggap Sri Mulyani Pantas Pimpin IMF

 Jpnn
JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F PKB), Marwan Ja'far menilai mantan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (SMI) layak menjadi Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF). Prestasi yang ditunjukkan SMI yang dianggap mampu mendorong pertumbuhan Indonesia bisa menduduki jabatan yang ditinggalkan Dominique Strauss-Kahn karena dililit kasus kekerasan seksual.

Bukan hanya itu, kata Marwan, SMI juga punya pengalaman sebagai Direktur Eksekutif Asia Tenggara sehingga pantas naik kelas. " Tentu dia (SMI) sudah sangat familiar dengan lembaga tersebut, apalagi ditambah dengan pengalaman dia sekarang sebagai Managing Director Bank Dunia, tentu dia sudah paham budaya dan standar kerja Internasional. Sebagai ekonom terkemuka juga ikut menambah bobot dia terpilih sebagai Direktur Pelaksana  IMF," kata Marwan di Jakarta, Selasa (24/5).

Karenanya menurut Marwan, SMI perlu diberi kesempatan untuk memimpin IMF karena selama ini pemimpin IMF dimonopoli orang-orang Eropa. "Tradisi IMF harus selalu dipimpin orang-orang Eropa sangat tidak beralasan karena belum tentu lebih baik.Iini menyangkut sumber daya manusia. SMI secara intelektual dan pengalaman  sebagai Menkeu, Kepala Bappenas layak memimpin IMF," tukasnya.

Marwan memastikan, jika SMI  dipercaya sebagai Direktur Pelaksana, maka IMF akan punya  kredibilitas dan pengaruh kuat di negara-negara berkembang. Sebab, SMI dinilai sebagai perwakilan negara berkembang yang tentunya akan memunculkan rasa solidaritas.

"Di sinilah perlunya solidaritas negara-negara berkembang untuk mendorong  dia (SMI), minimal negara-negara dari kawasan ASEAN yang baru saja menyelenggarakan  KTT, dimana Indonesia sekarang menjadi Ketua ASEAN," katanya. (awa/jpnn)

Tidak ada komentar: