BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 01 Mei 2011

Ratusan Buruh Geruduk Kemenakertrans, Lalu Lintas Tetap Lancar

Suci Dian Firani - detikNews

Jakarta - Selain memadati kawasan di depan Istana Negara dan gedung DPR, ratusan buruh juga menggeruduk kantor Kementerian Tenaga kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans). Mereka merayakan Hari Buruh serta menuntut perbaikan kesejahteraan. Lalu lintas di depan kantor tersebut terpantu ramai lancar.

Pantauan detikcom, Minggu (1/5/2011) di lokasi, ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) mulai mendatangi kantor di Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada pukul 12.45 WIB. Mereka datang dengan menggunakan 50 bus. Sesampainya di depan kantor, mereka lantas menggelar orasi dengan pengeras suara yang dibawa dengan menggunakan mobil pick up.

"Kami mengingatkan pemerintah tentang UU SJSN yang dari 2004 belum dilaksanakan,
menolak sistem outsourcing dan menuntut uang pensiun juga," ujar Ketua Perhimpunan Serikat Pekerja, Sunadri kepada wartawan.

Massa yang berjumlah ratusan orang ini menggelar unjuk rasa dengan damai. Tak ada aksi dorong-dorongan maupun bakar ban. Meski demikian, sekitar 400 polisi berjaga ketat.

Arus lalu lintas di depan kantor ini terpantau ramai lancar. Lima puluh bus yang digunakan para buruh diparkir di pinggir jalan dan tidak menyebabkan kemacetan.

Dalam rangka memperingati Hari Buruh yang jatuh pada hari ini, buruh-buruh menggelar unjuk rasa baik di Ibu Kota maupun di berbagai daerah. Selain di Jakarta, aksi buruh juga berlangsung di kota lain seperti Yogyakarta dan Makassar.

Tidak ada komentar: