BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 18 Januari 2013

Atasi Banjir, Pemerintah Tak Butuh Bantuan Asing

VIVAnews - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menegaskan pemerintah tidak membutuhkan bantuan asing dalam menghadapi banjir di Jakarta. Menurutnya, pemerintah masih sanggup menangani bencana tersebut secara mandiri.

"Kita tak perlu mengeluarkan statemen meminta bantuan internasional," kata Sutopo dalam konperensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat 18 Januari 2013.

Sutopo mengungkapkan keputusan itu diperoleh setelah Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono memimpin rapat koordinasi di kantor Balai kota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kemarin, Kamis 17 Januari 2013. Dalam rapat itu, hadir Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, Kementerian Pekerjaan Umum, Kepala BNPB dan sejumlah pejabat lainnya.

"Hasilnya adalah potensi nasional masih sanggup dan bisa menangani bencana banjir," ujarnya lagi.

Sutopo mengatakan BNPB sudah melaporkan perkembangan situasi kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam kesempatan itu, Presiden menyatakan tidak terganggu dengan banjir setinggi 20 cm yang memasuki ke halaman Istana Negara dan kemudian memberikan arahannya.

"Utamakan keselamatan masyarakat, kerahkan seluruh potensi sumber daya nasional dalam penanggulangan bencana secara cepat. Dan koordinasi di tingkat pusat diserahkan kepada Kepala BNPB," terangnya menirukan pesan SBY. (eh)

Tidak ada komentar: