BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 25 Januari 2013

Modifikasi Cuaca Jakarta Ditargetkan Kurangi Curah Hujan 30 Persen

Sukma Indah Permana - detikNews

Jakarta - Curah hujan yang tinggi dan pasang surut air laut pada tanggal 27 Januari berpotensi membuat Jakarta banjir. Namun risiko itu bisa diperkecil dengan menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Dengan teknologi ini, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menargetkan akan mengurangi curah hujan di Jakarta sebesar 30 persen.

"Kalau di Jakarta 30 persen targetnya," ujar peneliti Meteorologi Tropis di BPPT yang juga Kepala Bidang Pengkajian dan Penerapan Teknologi Pembuatan Hujan UPT Hujan Buatan, Dr Tri Handoko Seto, kepada detikcom, Jumat (25/1/2013).

Tri menjelaskan bahwa teknologi ini pernah digunakan saat proses persiapan Sea Games di Palembang tahun 2011 lalu. Karena lingkupnya yang kecil, TMC saat itu berhasil mengurangi curah hujan di Palembang hingga 80 persen.

"Jika ini nanti berhasil, akan digunakan juga di Gunung Merapi. Di sana kan bahaya banjir lahar dingin kalau hujannya deras," lanjutnya.

Tak hanya itu, Tri mengatakan teknologi ini juga bermanfaat untuk kegiatan pertambangan. "Kalau hujan kan proses pertambangan akan berhenti. Kerugiannya besar. Ini masih terus dilakukan pengkajian," tutur Tri.

Diberitakan sebelumnya, BPPT bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerapkan TMC dengan dua metode yakni menyemai awan yang masih di luar Jakarta untuk mempercepat hujan dan metode Ground Base Generator (GBG).

Keduanya akan mulai dilaksanakan besok, Sabtu (26/1) hingga Jakarta aman dari ancaman banjir besar.

Tidak ada komentar: