BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 28 Januari 2013

SBY: Kalau Berani Korupsi Itu Salah, Takut Korupsi Itu Benar

Mega Putra Ratya - detikNews

Jakarta - Presiden SBY meminta kepala daerah agar tidak ragu dalam menjalankan tugasnya supaya program pemerintah tetap berjalan. Para Kepala Daerah itu harus takut jika melakukan korupsi.

Oleh karena itu dalam rapat kerja pemerintah hari ini, yang diselenggarakan di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta, Presiden SBY mengagendakan diskusi panel dengan topik ‘Meningkatkan Sinergi dan Kordinasi Upaya Pencegahan dan Pemberantasan korupsi.

"Ini penting, agar kita semua, para penyelenggara negara dan para pejabat pemerintahan memiliki pengertian yang sama. Dengan pengertian yang tinggi atas tugas besar ini, maka tidak akan tercipta iklim keragu-raguan. Utamanya di daerah. Begitu laporan yang saya terima," kata presiden dalam pidato pembukaannya, Senin (28/1/2013).

Menurut SBY, selama ini memang ada istilah 'kalau takut jangan menjadi pemimpin'. Dan yang paling benar justru adalah takut untuk berbuat korupsi.

"Dan saya kira benar, kalau berani korupsi itu berarti salah. Kalau takut korupsi itu benar," tegasnya.

SBY ingin membahas hal itu dalam diskusi panel agar tercipta bahasa, pengertian yang sama dan kemudian bersama-sama menyukseskan pemberatasan korupsi. SBY ingin semua jajaran pemerintah bisa mengemban tugas dengan sebaik-baiknya tanpa bayang-bayang korupsi.

"Bayangkan kalau ada sekian ratus bupati dan wali kota yang menggerakkan jalannya pemerintahan ini setiap hari di negeri ini. Sekian ratus mereka diperiksa. Atau sekian ratus mereka dinyatakan sebagai tersangka dan akan begini terus. Hampir pasti kinerja pemerintah tidak akan berlangsung dengan baik," ungkapnya.

"Oleh karena itulah, mari kita cegah terjadinya tindakan-tindakan korupsi. Mari kita laksanakan penanggulangan korupsi dengan cara-cara yang tepat dan benar. Semangat kita sama, kita ingin sistem kita bersih. Kita ingin negara kita ini terbebas dari korupsi. Mari kita laksanakan dengan penuh tanggungjawab dan dengan cara yang tepat pula," tutupnya.

Tidak ada komentar: