BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 05 Juni 2013

Lantik 1.600 Advokat Baru, Ini Pesan Plt Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta

Rivki - detikNews

 Jakarta - Sebanyak 1.600 advokat seluruh Indonesia hari ini dilantik dan diambil sumpahnya. Diharapkan kehadiran para advokat ini dapat memberikan rasa keadilan bagi masyarakat yang sedang mencari keadilan.

Acara pelantikan ini dihadiri Leonard Simorangkir selaku Wakil Ketua Umum Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) dan Plt Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta (KPT Jakarta) TH Pudjiwahono. Dari 1.600 advokat baru sekitar 800-an advokat dilantik di Jakarta.

Dalam siaran pers Peradi kepada detikcom, Rabu (5/6/2013), KPT Jakarta mengingatkan agar para advokat profesional dan mematuhi rambu-rambu yang ada.

"Perlu saya ingatkan, bahwa anda di sumpah bukan kepada saya dan hadirin. Tetapi kepada Tuhan, karena kepada Tuhan lah semua harus kita pertanggungjawabkan," ujar Pudjiwahono.

Pada kesempatan itu, Pudji juga menyampaikan pesan dari Ketua MA Hatta Ali. Dia berpesan agar para advokat bisa menjadi penguat bagi lembaga peradilan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Hendaknya secara bersama-sama kita memberikan andil dalam penegakan hukum tersebut. Karena itu sudah terucap dalam sumpah dan janji yang telah diucapkan. Tanpa peran dari advokat, hal tersebut sulit terwujud," ujarnya.

Pengangakatan dan pengambilan sumpah advokat di Wilayah Pengadilan Tinggi Jakarta ini dilakukan di The Ritz Carlton, Jakarta. Para advokat diambil sumpah berdasarkan agama yang dianut masing-masing.

Tidak ada komentar: