BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 14 Juni 2013

Linda Gumelar Minta Perempuan Terlibat Aktif Awasi Pemilu

Siti Aisyah - detikNews

Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Linda Amalia Sari Gumelar meminta perempuan terlibat aktif untuk mengawasi Pemilu 2014. Keinginan Linda itu disampaikan pada Bawaslu dan diwujudkan dalam nota kesepahaman yang diteken hari ini.

"Keterlibatan perempuan dalam pengawasan pemilihan umum merupakan bagian integral dari pendidikan politik dan secara evolutif dapat meningkatkan partisipasi perempuan dalam politik yang berdampak pada pembangunan demokrasi yang berkualitas," kata Menteri PPPA Linda Amalia Sari Gumelar.

Hal itu disampaikan Linda usai penekenan nota kesepahaman dengan Bawaslu mengenai perempuan yang akan mengawasi Pemilu 2014 di Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (14/56/2013). Ketua Bawaslu Muhammad meneken nota kesepahaman ini, terlihat pula anggota Bawaslu lain seperti Nelson Simanjuntak dan Nasrullah.

"Penandatanganan MoU ini sangat penting dan strategis dalam rangka membangun sinergi kebijakan dan program pembangunan bidang politik, khususnya penyelenggaraan pemilihan umum. Mengingat, perempuan yang terlibat dalam pengawasan pemilu jumlahnya masih minim karena dibayangi keragu-raguan dan kekhawatiran terhadap ketidaknyamanan penyelenggara pemilu," imbuh Linda.

Dengan nota kesepahaman ini, Bawaslu diharapkan dapat menggaet pengawas-pengawas pemilu perempuan. Baik di pelosok desa maupun di kota.

"Saya juga minta kepadaa perempuan di desa dan di kota seluruh Indonesia agar bersedia untuk menjadi pengawas pemilu, agar pelaksanaan pemilihan umum lebih ramah terhadap komunitas gender," jelas istri mantan Menhub Agum Gumelar ini.

Tidak ada komentar: