BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 31 Juli 2013

Mulai Malam Ini, Tol Ungaran - Bawen Dibuka Gratis Untuk Pemudik

Oleh : DESK INFORMASI

Jalan tol Semarang Solo tahap I ruas Semarang-Bawen seksi II Ungaran-Bawen sepanjang 11,99 km terhitung mulai Rabu (31/7) malam ini pukul : 19.30  dibuka untuk pelayanan arus mudik/balik lebaran 1434 H/2013 secara gratis.
 “Jalan Tol Ungaran-Bawen tersebut dapat dibuka aman bagi pengguna,“ kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol A.Gani Ghazali Akman, di Jakarta, Rabu (31/7).
Gani berpesan agar petugas disiapkan pada saat pelaksanaannya sehingga dapat memberikan bantuan atau arahan bila terdapat hambatan pada saat penggunaannya. Ia juga meminta agar PT Trans Marga Jateng selaku pengelola jalan tol itu juga menyiagakan alat berat  untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak terduga.
Setelah selesainya arus mudik dan balik lalu lintas kendaraan lebaran, kata Gani, Tol Ungaran-Bawen akan ditutup kembali sampai selesainya konstruksi dan diterbitkannya sertifikat laik operasi.
Proyek Jalan Tol Semarang – Solo sepanjang 72,64 km ini dikelola oleh PT Trans Marga Jateng, perusahaan patungan antara PT Jasa Marga Tbk (60%)  dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah (40%). Tol dengan investasi sekitar Rp. 6,011 Triliun terbagi menjadi dua tahap yakni ruas Semarang – Bawen dan Bawen – Solo.
Sebelumnya saat meninjau  pengecoran terakhir jembatan darat Lemah Ireng” pada ruas tol Ungaran – Bawen, di Semarang, Selasa (2/7), Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto berharap  ruas ini sudah bisa dipakai untuk arus mudik dan balik, meski hanya satu lajur dan hanya untuk kendaraan kecil.
Jika dimungkinkan, Menteri PU Djoko Kirmanto berharap ruas tol Ungaran – Bawen itu  bisa dipakai secara gratis untuk kendaraan kecil pada arus mudik dan balik, meski hanya satu jalur. “Namun saya pesan dengan sangat bahwa ini bukan untuk gagah-gagahan. Utamakan keselamatan untuk pengguna jalan. Jadi jangan dipaksakan kalau memang belum bisa digunakan,” katanya.
Menanggapi hal itu Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Adityawarman  optimistis dan berharap dapat dukungan doa dari masyarakat untuk melaksanakannya. “Semoga cuaca mendukung, sehingga saat arus mudik, ruas ini bisa membantu karena jarak 11 km Bawen – Ungaran bisa ditempuh sekitar 15 menit atau jauh dibanding jalur normal sekitar satu jam. Kita harapkan hujan tidak datang secara berturut”, tuturnya.

Tidak ada komentar: