BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 25 Juli 2013

Ratusan Anggota Brimob Kembali Datangi Markas Sabhara Polda Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikNews

Semarang - Sebanyak 230 anggota Brimob Polda Jawa Tengah kembali mendatangi gedung Direktorat Sabhara Polda Jateng sore tadi. Kali ini mereka datang untuk berdamai dengan menggelar buka puasa bersama.

Ratusan anggota Brimob yang dibawa menggunakan bus dan truk itu tiba sekitar pukul 16.00 di gedung Direktorat Shabara di Jl RM Hadi Subeno Mijen yang berjarak sekitar 25 km dari markas mereka di Srondol Banyumanik.

Setibanya di sana mereka disambut nyanyian dari 450 personel Sabhara Polda Jateng dengan lirik "Selamat datang saudaraku Brimob", mereka lalu saling bersalaman dan berpelukan. Kemudian Brimob dan Shabara duduk membaur di tenda yang sudah didirikan di lapangan upacara.

Selanjutnya Kasat Brimob Polda Jateng dan Dir Shabara Polda Jateng meminta agar anggotanya untuk mencari 25 nomor handphone rekan-rekannya dari satuan yang berbeda.

"Tadi disuruh cari nomor HP 25 dari Brimob," kata salah satu anggota Sabhara di lapangan upacara gedung Direktorat Shabara, Jl RM Hadi Subeno Mijen, Semarang, Kamis (25/7/2013).

Dua kesatuan tersebut kemudian diminta untuk saling berinteraksi dan membisikkan hal yang akan dititipkan jika suatu saat mereka kehilangan nyawa saat bertugas.

"Seumpama besok mau mati, kami disuruh SMS ke Brimob, bilang minta maaf dan bilang pesan terakhir apa," ujar anggota Sabhara itu.

Ketika adzan Maghrib berkumandang, mereka mulai menyantap hidangan berbuka bersama. Acara berakhir menjelang Salat Tarawih, sebelum meninggalkan markas Sabhara, anggota Brimob kembali bersalaman dan berpelukan dengan anggota Sabhara.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Djihartono mengatakan acara buka bersama itu sebagai bentuk antisipasi agar peristiwa miss communication hingga berujung bentrok tidak kembali terjadi di satuan Polda Jateng.

"Ini juga sebagai bentuk antisipasi peristiwa seperti dini hari tadi tidak terulang," pungkasnya.

Sementara itu Dir Sabhara Polda jateng, Kombes Hariyanto mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut menunjukkan suasana antara Brimob dan Sabhara sudah kondusif.

"Situasi kondusif, sudah saling memaafkan. Datang sudah disambut rangkulan. Mereka sebetulnya teman, pendaftarannya saja sama, cuma ditempatkannya saja yang berbeda," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, puluhan anggota Brimob Srondol datang ke gedung Direktorat Sabhara Polda Jateng di Mijen Kamis (25/7) sekitar pukul 00.00 dini hari. Keributan terjadi dan menyebabkan 3 anggota Sabhara terluka. Menanggapi hal itu Kapolda Jateng, Irjen Dwi Priyanto turun tangan.

Setelah suasana kondusif, ditemukan dua pedang samurai yang tertinggal dan diduga dibawa anggota Brimob saat mendatangi Sabhara.

"Untuk yang diperiksa jumlahnya belum tahu berapa. Tapi kalau sampai ada yang harus diproses hukum ya nanti di proses," tandas Hariyanto.

Tidak ada komentar: