Kairo (ANTARA New) - Para demonstran yang loyal kepada presiden terguling Mohamed Moursi menyeru "pawai sejuta orang" esok Selasa untuk melawan penggulingannya.

Mereka juga menyeru para demonstran untuk membanjiri gedung-gedung pemerintahan di seluruh Mesir demi memprotes kematian 72 orang dalam demonstrasi Sabtu pekan lalu.

"Kami menyeru pawai sejuta umat di bawah banner 'Para syuhada untuk (korban) kudeta pada Selasa',"  kata Aliansi Anti Kudeta yang mengorganisasikan demonstrasi itu seperti dikutip AFP.

Kelompok ini menyeru warga Mesir "untuk turun ke jalan dan lapangan demi meraih kembali kebebasan dan martabat mereka yang dirampas oleh kudeta berdara dan demi hak-hak para syuhada yang dibunuh oleh peluru pengkudeta."

Seruan unjuk rasa ini muncul setelah paling tidak 72 orang terbunuh dalam protes duduk mendukung Moursi Sabtu pagi pekan lalu.

Para pendukung Moursi menuduh pasukan keamanan menggunakan peluru sungguhan terhadap demonstran tak bersenjata, sebaliknya menteri dalam negeri Mesir mengaku hanya menggunakan gas air mata.

Para pendukung Moursi tetap bertahan dan menegaskan bahwa Moursi harus dipulihkan kekuasaannya, namun pemerintahan sementara mengatakan akan membubarkan demonstrasi dan mengingatkan akan mengambil langkah drastis jika demonstran  melanggar batas.