BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 24 Juli 2013

Proyek Pantura Seperti Ajang Cari THR

Oleh: Ajat M Fajar

INILAH.COM, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pramono Anung menilai perbaikan jalur Pantura setiap tahun menjadi ajang mencari THR (Tunjangan Hari Raya) menjelang Lebaran.

"Sejak zaman 'baheula' (dulu) dilakukan, menurut saya ini bukan alasan. Saya menangkap kesan perbaikan sebelum Lebaran itu seperti diproyekkan. Ini seperti orang kayak dapat THR saja," tegasnya di Jakarta, Rabu (24/7/2013).

Wajar jika proyek tersebut dicurigai. Jalan rusak terus, meski diperbaiki setiap tahun. Daya tahannya tidak kuat menahan truk-truk besar lewat.

Tahun ini, anggaran Rp1,2 triliun dikucurkan untuk perbaikan dan perawatan jalur Pantura. Dana sebesar itu bisa saja diselewengkan oknum-oknum tertentu.

"Sejak saya kenal Pantura setiap mau Lebaran selalu ada renovasi sehingga ini jadi kecurigaan, jangan sampai ini jadi obyek tetap orang-orang yang selama ini dapat keuntungan kalau jalan rusak," ujar Pramono

Ia mendukung upaya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk mengaudit proyek perbaikan jalan di jalur Pantura (Pantai Utara Jawa). "Kalau ternyata sebagai proyek terus menerus harus ada upaya penegakan hukum. Harus bertanggug jawab sebagai hukum," ucapnya. [rok]

Tidak ada komentar: