BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 30 Juli 2013

PKL Terima Usul Ahok Direlokasi, Asal ...

Oleh: Wahyu Praditya Purnomo

INILAH.COM, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan para pedagang kaki lima (PKL) Pasar Tanah Abang telah bersedia direlokasi. Keyakinan ini diungkapkannya setelah dirinya bertemu perwakilan PKL di Balaikota DKI Jakarta, Senin (29/7/2013) kemarin.

Selama ini, lanjut pria yang akrab disapa Ahok itu, ada beberapa hal yang menjadi keberatan PKL dipindah ke Blok G Tanah Abang. Yakni adanya proses penggadaian yang dilakukan PD Pasar Jaya di tiap pasarnya kepada pihak swasta.

Seperti yang terjadi di Blok A, saat dilakukan revitalisasi, pedagang lama yang menempatinya tergusur oleh pedagang lain yang memiliki modal lebih besar. Mereka (PKL) bersedia dipindahkan, asal Pemprov DKI menjamin tak ada proses penggadaian.

"Dia sudah bilang, 'Kita sepakat dukung bapak'. Kita ngerti lah. Mereka cuma bilang, ‘Pengalaman kami dengan Pemprov, Blok G saat ini memang masih sunyi. Cuma pengalaman PKL, begitu sudah laku, pasti diusir’," katanya menirukan perkataan PKL, di Balai Kota Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Dijelaskannya, para pedagang yang berdagang di jalan, rata-rata pedagang yang mengalami gusuran oleh pedagang lain yang memiliki modal lebih besar dalam revitalisasi di Blok A Pasar Tanah Abang.

Ahok berjanji hal tersebut tidak akan terjadi pada para pedagang yang akan menempati Blok G Pasar Tanah Abang. Menurutnya kapasitas Blok G Pasar Tanah Abang yang lebih dari 1.000 kios mampu menampung para PKL yang berdagang di badan jalan.[bay]

Tidak ada komentar: