Magelang (ANTARA News) - Sekitar 250 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ikut membantu aparat kepolisian dan TNI dalam pengamanan misa Natal 2013 di daerah itu pada 24-25 Desember.

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Magelang Ahmad Chabibullah di Magelang, Selasa mengaku bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran kepolisian dan TNI terkait dengan peran serta anggota organisasi di bawah Nahdlatul Ulama (NU) itu dalam pengamanan Natal.

"Kami juga melakukan koordinasi dengan Banser se-Kabupaten Magelang tadi malam (22/12)," katanya.

Ia menjelaskan bahwa anggota Banser akan bertugas di berbagai gereja, baik Kristen maupun Katolik yang menyelenggarakan ibadah, baik malam Natal (24/12) maupun Natal pagi (25/12).

Mereka, katanya, diturunkan di berbagai gereja seperti di Kecamatan Muntilan, Mertoyudan, Dukun, dan Borobudur.

"Untuk per kecamatan yang lain, Banser menurunkan 15 personel, tetap dalam koordinasi dengan kepolisian dan TNI," katanya.

Ia menjelaskan bahwa keterlibatan Banser dalam pengamanan Natal itu memperteguh tiga pilar semangat persaudaraan yang terus dikembangkan oleh warga nahdiyin.

"Yaitu persaudaraan sesama umat beragama, persaudaraan sesama anak bangsa, dan persaudaraan sesama manusia," katanya.

Berbagai pengurus gereja baik Kristen maupun Katolik di Kabupaten Magelang sejak beberapa hari terakhir menyiapkan diri untuk ibadah Natal.

Ketua Bidang Liturgi Dewan Paroki Administratif Gereja Santo Petrus Borobudur Yohanes Sutono mengatakan misa malam Natal (24/12) di gereja setempat berlangsung pada pukul 19.00 WIB dengan menggunakan bahasa Jawa, sedangkan pada Rabu (25/12) misa Natal pukul 07.30 WIB.

"Sekitar 700 umat diperkirakan akan mengikuti misa malam Natal di tempat ini," katanya.

Petugas Sekretariat Gereja Paroki Santa Maria Lourdes Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang Anton Wijayanto mengatakan umat stasi Tangkil (dusun terakhir sekitar enam kilometer barat daya puncak Gunung Merapi, red.), melakukan misa Natal, Rabu (25/12) dalam kemasan pertanian.

"Umat akan melakukan proses pengambilan air dari salah satu mata air untuk dibawa ke Gereja Stasi Tangkil, sebagai bagian dari perayaan Natal tahun ini," katanya.