BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 31 Januari 2014

Pejabat Negara Ikut Konvensi Harus Mundur

Oleh: Marlen Sitompul

INILAH.COM, Jakarta - Peserta Konvensi Capres Partai Demokrat diminta untuk mengundurkan diri dari jabatannya di pemerintahan. Sama seperti Gita Wirjawan yang mundur dari Menteri Perdagangan.

Gita adalah salah satu pejabat negera yang ikut konvensi.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan, langkah Gita yang mengundurkan diri sudah tepat.

"Semua Menteri dan pejabat yang mau maju sebaiknya jangan menggunakan jabatan sekarang. Idealnya mundur," kata Din, di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (31/1/2014).

Hal itu kata Din, untuk menghindari penyalahgunaan wewenang jabatannya guna kepentingan konvensi Partai Demokrat.

"Saya berpendapat, sebaiknya para kandidat konvensi capres, dia tidak lagi menjabat di pemerintahan sekarang, untuk menghindari kepentingan," tegas Din.

Sejumlah pejabat negara yang ikut konvensi seperti Marzuki Alie (Ketua DPR), Ali Masykur Musa (anggota BPK), Irman Gusman (Ketua DPD), Dahlan Iskan (Meneg BUMN) pasti didesak mundur juga.

"Idealnya supaya tidak ada konflik kepentingan yang lebih besar, Meneg BUMN dan Ketua DPR harus mundur teratur juga," kata Brahmandita.

Gita menyatakan mundur dalam keterangan persnya di Kementerian Perdagangan. Gita mundur per 1 Feburuari 2014 atau Sabtu besok. Dia memilih fokus bertarung di Konvensi Capres Partai Demokrat. [gus]

Tidak ada komentar: