BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 13 November 2014

Seleksinya Terserah Pemerintah, yang Penting Dirut Baru Kompeten di Sektor Migas

Laporan: Samrut Lellolsima

RMOL. Siapapun Dirut PT. Pertamina yang terpilih wajib didukung khalayak dengan catatan memiliki kompetensi di sektor minyak dan gas.

"Saya mendukung siapapun calon Dirut Pertamina yang baru. Kriteria yang jelas untuk pemimpin perusahaan minyak sebesar Pertamina haruslah orang yang berkompeten di bidangnya, minyak dan gas," kata Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Chris Kanter, di Jakarta, Rabu (12/11).

Belakangan ini beredar daftar nama calon Dirut Pertamina dari eksternal yang sedang menjalani uji kelayakan. Mereka diseleksi oleh konsultan swasta PT Daya Dimensi Indonesia (DDI) yang ditunjuk oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno. Bagi Chris Kanter, baik diadakan terbuka atau tertutup, yang lebih penting adalah hasil dari seleksi itu.

"Pokoknya mau itu proper test terbuka atau tertutup, urusan pemerintah. Yang penting, Dirutnya harus memiliki kompetensi di bidangnya dan bisa bertanggung jawab," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku telah mengirimkan tujuh nama kepada konsultan PT Daya Dimensi Indonesia (DDI) selaku assesor calon Direktur Utama PT. Pertamina.

"Ada tujuh nama dari internal dan eksternal," kata Rini.

Lebih lanjut dikatakan, tahapan fit and proper test sudah hampir selesai dan sebagian nama sudah masuk kembali ke kementeriannya.

"Sudah ada yang masuk ke kami (Kementerian BUMN). Sebagian masih di PT DDI," tambah Rini. [ald]

Tidak ada komentar: